Inilah 5 Indikator Kota Layak Huni

Semakin padatnya kota Jakarta membuat orang-orang yang di dalamnya merasa tidak terlalu nyaman tinggal. Untuk mengetahui apakah Jakarta masih layak huni simak penjelasannya berikut ini

Inilah-5-indikator-kota-layak-huni
Posted on 23 September 2013 | Reporter: Hamzah Al Rasyid (@princeofzaza)

Belum lama ini sebuah lembaga mengeluarkan kota-kota yang layak huni di seluruh dunia. Dan dalam daftar tersebut 10 besarnya masih dihuni oleh kota-kota yang berada di Australia. Karena kota yang layak huni harus mampu menyediakan ruang publik yang layak bagi warga. Ruang publik ini dapat menjadi tempat berinteraksi sekaligus ruang berekspresi bagi warga.

Menurut Sigit Kusumawijaya, seorang arsitek perkotaan, ada lima indikator dalam penentuan kota layak huni tersebut. Indikator itu meliputi stabilitas, kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, serta infrastruktur. Menurut Sigit, ruang publik, kata Sigit, dapat masuk ke dalam hampir kelimanya.

Menurut arsitek perkotaan ini tata kota Jakarta masih kalah dengan kota-kota lain di Indonesia contohnya adalah Surabaya dan Solo. Ia melihat pemda-pemda di kota tersebut cukup serius untuk menyediakan ruang publik.

Tapi ada harapan positif bagi Jakarta untuk dapat mempunyai ruang publik yang memadai. Karena pemda saat ini sudah mulai membangun taman-taman kota dan yang paling terasa adalah penempatan kursi-kursi di sepanjang jalan sudirman-thamrin. Kursi-kursi tersebut ternyata mendapat reaksi yang positif dengan adanya orang-orang yang duduk di pinggir jalan. Ini berarti sebenarnya warga Jakarta sangat merindukan ruang public untuk saling berinteraksi.

 

Published by Idea Online on September 23, 2013
Link: http://www.ideaonline.co.id/iDEA2013/Kabar/Info-Properti/Inilah-5-indikator-kota-layak-huni