Seperti Apa Rumah Ramah Lingkungan yang baik?

by Lamudi
30 September 2014


Pembangunan yang semakin banyak belakangan ini,  mengakibatkan jumlah lahan hijau berkurang, sedangkan kebutuhan akan energi yang semakin besar. Melihat persoalan yang terjadi ini,  Lamudi mengundang seorang arsitek dan urban planning yang juga merupakan initiator gerakan Indonesia Berkebun untuk berbagi pengetahuan tentang Rumah Ramah Lingkungan. Ia adalah Sigit Kusumawijaya. Melalui Twitter Lamudi Indonesia, Sigit berbagi pengetahuan tentang bagaimana membangun rumah ramah lingkungan.

Arsitektur Ramah Lingkungan


© Gemma Grace/Flickr

Menurut Sigit, arsitektur ramah lingkungan merupakan sebuah usaha merancang wadah atau tempat hunian yang mempertimbangkan aspek ekologis, ekonomi dari hunian tersebut. Ini artinya, semua aspek mempertimbangkan konteks lingkungan sekitar. Aplikasinya pun bermacam, mulai dari penghematan energi, sampai penggunaan material lokal.

Keuntungan Rumah Ramah Lingkungan


© Dominic Alves/Flickr

Rumah ramah lingkungan memiliki banyak keuntungan. Mulai dari penghematan biaya listrik, air, gas, dan sebagainya sampai dengan dapat menjaga kesehatan  Anda. Pasalnya, penggunaan bahan lokal dan organik tidak berbahaya ataupun mengandung racun.

Meningkatnya Permintaan Properti Ramah Lingkungan

Pemanasan global yang tidak bisa dihindari, mengakibatkan orang beralih ke teknologi ramah lingkungan sebagai upaya untuk menguranginya. Begitu juga dalam pilihan hunian mereka, khususnya yang tinggal di perkotaan padat. Resapan air yang semakin berkurang akan membuat mereka berusaha mencari jalan agar terhindar dari udara panas dan resiko banjir

Material Ramah Lingkungan


© pphotopin

Membangun rumah ramah lingkungan dapat dilakukan dengan hanya menggunakan material yang tidak mempunyai pengaruh buruk bagi ekosistem sekitar Anda. Material ini biasanya merupakan material lokal yang organik (alami) dengan mengurangi material hasil pabrikasi. Namun demikian, sudah terdapat juga bahan pabrik yang memenuhi standar green material.

Artikel ini ditulis oleh tim Lamudi Indonesia dan Sigit Kusumawijaya (www.sigitkusumawjiaya.com)

Published by Lamudi.co.id on September 30, 2014
Link: http://www.lamudi.co.id/journal/seperti-apa-rumah-ramah-lingkungan-yang-baik/