Seminar-IAI

Seminar IAI: Pentingnya Keberlanjutandalam Berbagai Aspek

Sebagai rangkaian dari acara perayaan ulang tahun Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) yang ke-55, IAI mengadakan seminar yang membahas tentang keberlanjutan dalam arsitektur, regulasi, dan komunitas. Acara ini diadakan di Restoran Kunstkring, Menteng, Jakarta pada Rabu, 17 September 2014.

Seminar ini terbuka bagi umum. Seminar ini mengangkat tema keberlanjutan, tidak hanya dalam desain bangunan, tapi juga dalam komunitas dan edukasi. Ada tiga pembicara dala seminar ini, yaitu Jatmika Suryabrata, Sigit Kusumawijaya, dan Yandi Adriyatmo.

Jatmika Suryabrata, praktisi sekaligus akademisi, membahas kaitan antara arsitektur berkelanjutan dengan regulasi yang ada di Indonesia. Ia melihat keberlanjutan dalam arsitektur melalui sudut pandang energi dan sumber daya alam. Ia melihat perlunya peraturan yang berhubungan dengan pemakaian listrik dan air pada bangunan.

Presentasi kedua disajikan oleh Sigit Kusumawijaya, praktisi dan penggagas Atap Jakarta. Ia mengangkat isu keberlanjutan dalam masyarakat dan komunitas. Sebagai salah satu penggagas Indonesia Berkebun, Sigit mengambil komunitasnya itu sebagai salah satu contoh keberlanjutan di dalam masyarakat dan komunitas.

Yandi Adriyatmo, ketua I IAI, menjadi presenter terakhir. Materi yang dia angkat adalah mengenai pentingnya diajarkan keberlanjutan dalam pendidikan asitektur. Edukasi tentang keberlanjutan yang diberikan saat ini bukanlah untuk sekarang melainkan untuk nanti.

Dari ketiga materi yang dipaparkan oleh para pembicara tersebut, diambil beberapa kesimpulan yang merupakan hal penting dalam keberlanjutan. Dalam menggunakan sumber daya dan energi diperlukan adanya penghematan bahkan daur ulang. Penghematan tersebut bisa didapatkan dari berbagai cara, salah satunya adalah desain arsitektur dan regulasi bangunan.Selain keberlanjutan dalam desain, keberlanjutan juga bisa dilakukan melalui pendekatan komunitas. Akan tetapi, yang paling penting dari kesemuanya itu adalah perlunya edukasi mengenai keberlanjutan di dalam pendidikan arsitektur.

Fotografer: Ahkamul Hakim

Published by Griya Asri on Saturday, September 18, 2014
Link: http://majalahasri.com/seminar-iai-pentingnya-keberlanjutandalam-berbagai-aspek/